Selasa, 18 September 2012

Kriteria Hotel Kelas Bintang 5 ( ***** )

Grand Swiss Bel-Hotel Medan, Indonesia

Berikut ini adalah Kriteria Hotel Bintang 5 ( ***** ). Hotel kelas ini mempunyai kondisi sebagai berikut :
1. Umum
a). Lokasi mudah dicapai, dalam arti akses ke lokasi tersebut mudah
b). Bebas polusi
c). Unsure dekorasi Indonesia tercermin pada lobby
d). Bangunan terawatt rapid an bersih
e). Sirkulasi didalam bangunan mudah
2. Bedroom
a). Mempunyai minimum 100 kamar standar dengan luasan 26 m2  / kamar
b).  Mempunyai minimum 4 kamar suite dengan luasan  52 m2 / kamar
c). Tinggi minimum 2.6 m tiap lantai
d). Dilengkapi dengan pengaturan suhu kamar di dalam kamar
3. Dining Room
a). Mempunyai minimum 3 buah dining room, salah satu nya dengan spesialisasi masakan ( Japanese / Chinese / European Food )
4. Bar
a). Apabila berupa ruang tertutup maka harus dilengkapi dengan pengatur udara mekanik ( AC ) dengan suhu 240 C
b). Lebar ruang kerja bartender setidaknya 1 m
5. Ruang Fungsional
a). Minimum terdapat 1 buah pintu masuk yang terpisah dari lobby dengan kapasitas minimum 2.5 kali jumlah kamar
b). Dilengkapi dengan toilet apabila tidak satu lantai dengan lobby
c). Terdapat prefunction room
6. Lobby
a). Mempunyai luas minimum 100 m2
b). Terdapat dua toilet umum untuk pria dan 3 toilet umum untuk wanita dengan perlengkapannya
7. Drug Store
a). Minimum terdapat drugstore, bank, money changer, biro perjalanan, travel agent, souvenir shop, perkantoran, butik, dan salon
b). Tersedia poliklinik
c). Tersedia paramedis
8. Sarana Rekreasi Dan Olah Raga
a). Minimum 1 buah pilihan : tennis, bowling, golf, fitness, sauna, billiard, diskotik dan taman bermain anak
b). Terdapat kolam renang dewasa yang terpisah dengan kolam rengan anak
c). Terdapat fasilitas night club/ diskotik kedap suara dengan AC dan toilet
9. Utilitas Penunjang
Minimum seperti hotel bintang 4 dengan tambahan :
a). Transportasi vertical mekanis
b). Ketersediaan air bersih minimum 700 liter / orang / hari
c). Dilengkapi dengan instalasi air panas / dingin
d). Dilengkapi dengan sentral video, musik, teleks, radio, carcall
10. Business Centre
Di business centre ini tersedia beberapa staf yang dapat membantu dengan bertindak sebagai co-secretary para tamu yang ingin berkomunikasi dengan kantor pusatnya maupun relasi bisnis nya. Selain itu ada pula fasilitas lain seperti facsmile, teleks, mecanograf. Para tamu dapat memanfaatkan pelayanan dengan akses internet melalui kamar nya untuk reservasi dan promosi usahanya, di samping itu juga dapat melakukan telekonferensi.
11. Restoran
Sub bagian restoran di hotel yang besar dapat dibagi menjadi :
a). Main dining room atau ruang makan utama yang menyediakan makanan Perancis atau Internasional
b). Coffee Shop, restoran yang menyediakan dan menyajikan makan pagi dengan menu dan jenis pelayanannya lebih sederhana atau biasa disebut ready on plate
c). Restoran yang spesifik seperti grill-room, pizzarea, Japanese, oriental
d). Room Servive : restoran yang melayani dan menyediakan hidangan makanan dan minuman kepada tamu hotel yang enggan keluar kamar. Atas dasar pesanan tamu, makanan dan minuman diantar langsung ke kamar tamu.
e). Take out service dan out side catering : untuk lebih meningkatkan pendapatan penjualan produk yang dihasilkan oleh dapur hotel, ada beberapa hotel yang melayani pesanan makanan dan minuman dan penyelenggaraan perjamuan diluar hotel seperti misalnya untuk perjamuan untuk instansi-instansi pemerintah, perjamuan kenegaraan, dan instansi-instansi swasta. Di samping itu, toko makanan berupa kue-kue yang di jual oleh pastry shop yang ada di hotel juga melayani penjualan kue-kue dan ice cream untuk keperluan umum.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar